Minggu, 20 Desember 2015

GEOSTRATEGI


NAMA            : FACHRI FAHMI
NIM                : 15101239
PRODI            : MANAJEMEN

PENDAHULUAN
Kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan suatu perjuangan yang amat lama dan sulit. Berbagai taktik dijalankan guna mencapai suatu masa kemerdekaan. Dan, setelah mencapai suatu kemerdekaan, banyak cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia. Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia tercantum dalam alenea kedua pembukaan UUD 1945, bahwa kemerdekaan merupakan alat untuk mewujudkan negara Indonesia yang  bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Mampukah bangsa Indonesia mencapai cita-cita dan tujuan bernegaranya?
Dalam perjuangan mencapai cita-cita dan tujuan bernegaranya, sudah pasti terdapat berbagai ancaman yang terkadang membahayakan kemerdekaan dan keutuhan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan program ketahanan nasional ( geostrategi ) guna mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.


PEMBAHASAN

Pengertian Geostrategi
            Geostrategi berasal dari kata geo yang berarti bumi, dan strategi yang berarti usaha dengan menggunakan segala kemampuan atau sumber daya alam ( SDA ) dan sumber daya manusia ( SDM ) untuk melaksanakan kewajiban yang telah ditetapkan. Jadi, geostrategi adalah suatu strategi dalam rangka mewujudkan cita-cita dan tujuan negara melalui proses pembangunan yang memberikan arahan tentang cara membuat strategi pembangunan dan keputusan yang terukur dan terimajinasi guna mewujudkan masa depan negara yang lebih baik, aman, dan bermartabat.
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang berasal dari dalam atau luar negeri, yang langsung atau tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai cita-cita dan tujuan negara.
Geostrategi dan ketahanan nasional memiliki keterkaitan satu sama lain. Ketahanan nasional suatu negara dalam rangka mencapai segala cita-cita dan tujuan negara serta untuk menghadapi dan mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan akan melahirkan suatu pemikiran geostrategi dalam pengimplementasian kehidupan berbangsa dan bernegara.
Fungsi dan sifat Geostrategi Ketahanan Nasional :
a). Sebagai daya tangkal dalam kedudukannya sebagai konsepsi penangkalan, geostrategi Indonesia ditujukan untuk menangkal segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan (AGHT) terhadap identitas, integritas, eksistensi bangsa, dan Negara Indonesia dalam aspek ideology, politik, ekonomi, sosial budaya, dan aspek pertahanan keamanan.
b). Sebagai pengarah pengembangan kekuatan bangsa. Untuk mengarahkan dan mengembangkan potensi kekuatan bangsa dalam yang meliputi bidang ideology, politik, ekonomi, sosial budaya, dan aspek pertahanan keamanan sehingga tercapai kesejahteraan rakyat. Dalam hal ini, ketahanan nasional berfungsi menyatukan pola pikir, pola tindak, dan cara kerja intersekior, dan multidisipliner.
Ketahanan nasional memiliki sifat
(1)   manunggal; (2) mawas kedalam; (3) kewibawaan; (4) berubah menurut waktu; (5)
(2)   tidak membenarkan sikap adu kekuasaan dan adu kekuatan; (6) percaya pada diri
(3)   sendiri; (7) tidak tergantung kepada pihak lain.
Konsep sifat ketahanan nasional berlapis adalah suatu konsepsi membangun ketahanan nasional yang dapat dimulai dengan membangun ketahanan individu/ pribadi, ketahahan keluarga, ketahanan wilayah/daerah, dan ketahanan nasional.Ketahanan pribadi/ individu dalam interaksinya yang dinamis akan menumbuhkan ketahanan keluarga yang kuat diharapkan akan menumbuhkan ketahanan lingkungan yang kuat pula, dan untuk pada gilirannya menumbuhkembangkan ketahanan daerah/wilayah. Kemudian ketahanan daerah/ wilayah yang kuat dan baik pada akhirnya mehghasilkan kondisi ketahanan nasional yang tangguh. Dengan demikian ketahanan nasional individu pribadi sebagai tumpuan (stronghold) membangun ketahanan nasional.
PENUTUP
Geostrategi di Indonesia diwujudkan dalam bentuk ketahanan nasional yang mampu menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan yang membahayakan keutuhan Negara kesatuan republic Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan dalam bab sebelumnya bahwa konsepsi ketahanan nasional merupakan suatu konsepsi di dalam pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang mencangkup segenap kehidupan bangsa yang dinamakan ASTAGATRA yang meliputi aspek alamiah (TRIGATRA), dan aspek social (PANCAGATRA). Trigatra meliputi : posisi dan lokasi geografi Negara, keadaan dan kekayaan alam, keadaan dan kemampuan penduduk sedangkan pancagatra meliputi : Ideologi, Politik, Ekonomi, Social Budaya, dan HANKAM. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga keutuhan Negara kesatuan republic Indonesia.
Selain itu Indonesia juga ikut serta dalam upaya mencapai perdamaian dunia. Hal tersebut sebagaiman tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia tahun 1945 alenia ke IV yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Pembukaan UUD 1945 tersebut menjadi acuan dasar pelaksanan politik luar negeri indonesi yaitu politik luar negeri bebas aktif, dimana Indonesia selalu ikut serta dalam usaha-usaha perdamaian dunia seperti seperti pengiriman pasukan garuda ke timur tengah (jalur Gaza), selain itu Indonesia juga aktif dalaml organisasi internasional yang bertujuan menjaga ketertiban dan perdamaian dunia.
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar