Jumat, 11 Desember 2015

Hubungan antara Geostrategi dengan Ketahanan Nasional

A. Pendahuluan
Geostrategi merupakan strategi dalam memanfaatkan kondisi geografi negara untuk menentukan tujuan dan kebijakan negara. Geostrategi merupakan pemanfaatan lingkungan untuk mencapai tujuan nasional. Geostrategi juga merupakan metode mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan dan Undang-Undang Dasar 1945. Geostrategi juga untuk mewujudkan dan mempertahankan integrasi bangsa dalam masyarakat majemuk dan heterogen.

B. Pembahasan
KONSEP TRIGATRA DAN PANCAGATRA
A. Aspek Trigatra
Trigatra (Tiga aspek alamiah) adalah aspek-aspek suatu negara yang sudah melekat pada negara itu. Trigatra meliputi Geografi, Kekayaan alam, dan Kependudukan.

1. Geografi
Geografi suatu negara adalah segala sesuatu pada permukaan bumi yang dapat dibedakan antara hasil proses alam dan hasil ulah manusia, dan memberikan gambaran tentang karakteristik wilayah kedalam maupun keluar.

2. Kekayaan Alam
Kekayaan alam adalah segala sumber dan potensi alam yang terdapat di bumi, di laut, dan di udara dalam wilayah suatu negara.

3. Kependudukan 
Penduduk adalah manusia yang mendiami suatu wilayah negara. Masalah yang berkaitan dengan penduduk:
a. Jumlah penduduk
b. Komposisi penduduk
c. Penyebaran penduduk


Sifat- Sifat Geostrategi Indonesia

1. Bersifat daya tangkal. Dalam kedudukannya sebagai konsepsi penangkalan geostrategi Indonesia ditujukan untuk menangkal segala bentuk ancaman,gangguan, hambatan dan tantangan terhadap identitas, integritas,eksistensi bangsa dan negara Indonesia.

2. Bersifat developmental/pengembangan.yaitu pengembangan potensi kekuatan bangsa dalam ideologi, politik, ekonomi,sosial budaya, sehingga tercapai kesejahteraan rakyat.

Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa, yang berisi keuletan dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, baik yang datang dari luar maupun dari luar negeri, yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mengejar tujuan nasional Indonesia

KETAHANAN NASIONAL
Konsepsi Ketahanan Nasional
Secara konseptual, ketahanan nasional suatu bangsa dilatarbelakangi oleh:
1. Kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan negara sehingga ia mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya
2. Kekuatan apa yang harus dimiliki oleh suatu bangsa dan negara sehingga ia selalu mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya, meskipun mengalami berbagai gangguan, hambatan dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar.
3. Ketahanan atau kemampuan bangsa untuk tetap jaya, mengandung makna keteraturan (regular) dan stabilitas, yang di dalamnya terkandung potensi untuk terjadinya perubahan (the stability idea of changes)

B. Aspek Pancagatra

1. Gatra Ideologi
Ideologi mendukung ketahanan suatu bangsa karena ideologi memiliki fungsi sebagai tujuan, cita-cita dan sarana pemersatu dari masyarakat yang bersangkutan.

2. Gatra Politik
Ketahanan nasional gatra politik adalah kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung atau tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup ideologi suatu bangsa.

5. Gatra Pertahanan Keamanan
Upaya meningkatkan ketahanan nasional di bdang Hankam adalah peningkatan partisipasi seluruh rakyat an seluruh kekuatan nasional sesuai fungsi dan profesinya dalam upaya bela negara.

C. Penutup

Demikian artikel ini saya buat, saya harap agar para pembaca dapat memahaminya. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian dan Terima kasih.

Nama  : Shafa Maulidya Priastari
NIM    : 15101034
Prodi   : Manajemen


3 komentar:

  1. Maaf kenapa harus ada fotonya ya,kan jadi gak konsen ,kalok cantik gapapa lah mbak maaf2 ya mbak .minal aidzin wal faidzin

    BalasHapus