Kamis, 05 November 2015

identitas nasional

Identitas nasional
I.             Pendahuluan
      Kata “identitas” berasal dari kata identity berarti cirri ciri,tanda,ata u sesuatu yang membedakannya dengan yang lain Sedangkan“Nasional”menunjuk pada sifat khas kelompok yang memiliki ciri-ciri kesamaan,baik fisik.          seperti,budaya,agama,bahasa,maupunnon-fisik seperti,keinginan,cita-cita,dan tujuan. Jadi,“Identitasnasional”adalah identitas suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri dan melahirkan tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional
II.       Pembahasan
      Menurut Srijantidkk(2008), Identitas Nasional dapat di definisikan sebagai “manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa (nasion) dengan ciri-ciri khas, dan dengan yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsaLain dalam kehidupannya”

a.  Identitas Nasional Sebagai Bentuk dari Identitas Sosial
                     Banyak peneliti yang berasusmsi bahwa identifikasi nasional sama dengan                    identifikasi kolektivitas (identifikasi sosial) yang lain (Gibson, 2003).                                    Mülle Peter (1998) mendefinisikan Identitas Nasional sebagai bentuk khusus dari                 identitas  kolektif  atau sosial, dan dalam hal ini kelompok sosial yang dimaksud                   adalah bangsa.
                      Martin dan Nakayama (2010) kemudian mengemukakan konsep dimana                      terdapat beberapa bentuk-bentuk utama dari identitas sosial dalam konteks                      komunikasi interkultural. Identitas Nasional merupakan salah satu bentuk dari                    identitas sosial dalam konteks tersebut.
                     Teori dentitas sosial sendiri awalnya dipelopori oleh Henri Tajfel pada tahun                1957 dalam upaya menjelaskan prasangka, diskriminasi, perubahan sosial dan                        konflik antar kelompok. Menurut Tajfel (1978), social identity (identitas sosial)                 adalah bagian dari konsep diri seseorang yang berasal dari pengetahuan mereka                   tentang keanggotaan dalam suatu kelompok sosial bersamaan dengan signifikansi                   nilai dan emosional dari keanggotaan tersebut. Social identity berkaitan dengan                keterlibatan, rasa peduli da  juga rasa bangga dari keanggotaan dalam suatu                  kelompok tertentu (Tajfel & Turner,1979).
   
                        b.  Fungsi Identitas Nasional
                        Menurut Smith (1991) terdapat tiga fungsi dari Identitas Nasional, yaitu:

                 1) Identitas Nasional memberikan jawaban yang memuaskan terhadap rasa takut                    akan kehilangan identitas melalui identifikasi terhadap bangsa.

                 2) Identitas Nasional menawarkan pembaharuan pribadi dan martabat bagi                             individu dengan menjadi bagian dari keluarga besar suatu bangsa

                 3) Identitas Nasional memungkinkan adanya realisasi dari perasaan persaudaraan,                  terutama melalui simbol-simbol dan upacara.


c.   Identitas Nasional Bangsa Indonesia
                        Proses pembentukan Identitas Nasional bangsa Indonesia cukup panjang,                     dimulai dari kesadaran adanya perasaan senasib sepenanggungan “bangsa                             Indonesia” akibat penjajahan Belanda, kemudian memunculkan komitmen bangsa                   (tekad dan kemudian menjadi kesepakatan bersama). Dalam perkembangan                               selanjutnnya dirumuskan beberapa Identitas Nasional bangsa Indonesia yang                      tercantum dalam UUD 1945 dalam pasal 35-36C, yaitu:

                  1) Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia

                  2) Bendera Negara yaitu Sang Merah Putih

                  3) Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya

                  4) Lambang Negara yaitu Pancasila

                  5) Semboyan Negara yaitu Bhinnika Tunggal Ika

                  6) Dasar Falsafah Negara yaitu pancasila

                  7) Konstituti (Hukum Dasar) Negara yaitu UUD1945

                  8) Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat

                  9) Konsepsi Wawasan Nusantara

                 10) Kebudayaan daerah yang telah diteria Kebudayaan Nasional


d. Jenis Identitas

                  o Identitas individu

                  o Melekat pada seseorang

                  o didapat sejak lahir maupun dari proses interaksi dengan yang lain.

                  o Identitas kolektif

                  o Melekat pada kelompok

                  o Didapat melalui proses interaksi

                  o Ada kesadaran, tindakan dan tujuan bersama







III.Penutup

      Demikian bab tentang identitas nasional kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih.


NAMA    : DHENNIS HENDRIAWAN
NIM        : 15101050
PRODI    : MANAGEMENT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar