Kamis, 01 Oktober 2015

Pancasila – Pengertian dan sejarah



Pengertian Pancasila
Pancasila merupakan ideology dasar bagi Negara Indonesiayang berasal dari ajaran budha dalam kitab tripitaka dua kata: panca yang berarti lima dan syilayang berarti dasar. Jadi secara leksikal Pancasila bermakna lima aturan tingkah laku yang penting.
Pengertian Pancasila menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, bangsa tetapi lebih luas lagi yakni falsafah bangasa Indonesia. 

Sejarah Lahirnya Pancasila
Sesuai fakta sejarah, Pancasila tidak terlahir dengan seketika pada tahun 1945, tetapi membutuhkan proses penemuan yang lama, dengan dilandasi oleh perjuangan bangsa dan berasal dari gagasan dan kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Proses konseptualisasi yang panjang ini ditandai dengan berdirinya organisasi pergerakan kebangkitan Nasional, partai politik dan sumpah pemuda.

Dalam usaha merumuskan dasar Negara (Pancasila), muncul usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam sidang Badan PenyelidikUsaha Persiapan Kemerdekaaan Indonesia antara lain :
Muhammad Yamin, pada tanggal 29 Mei 1945 berpidato mengemukakan usulnya tentang lima dasar sebagai berikut: peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat. Dia berpendapat bahwa ke-5 sila yang di utarankan tersebut berasal dari sejarah, agama, peradaban, dan hidup ketatanegaraan yang tumbuh dan berkembang sejak lama di Indonesia.
Soekarno padatanggal 1 Juni tahun 1945 dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul ‘Lahirnya Pancasila’, Ir. Soekarno merumuskan dasar negra: kebasaan Indonesia, peri kemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan social, ketuhanan yang amaha esa.

Arti dan Makna Garuda Pancasila sebagai Langbang Negara
Burung  Garuda merupakan lambing Negara Indonesia sejak negri ini berdiri. Akan tetapi tidak semua orang tau tentang arti dan makna garuda Pancasila sebagai lamabang Negara. Sebagai bangsa Indonesia paling tidak kita tau dan mengerti lambing Negara kita sendiri sebagai sikap penghargaan terhadap perjuangan para pendiri bangsa dan kelak dapat menceritakan kepada anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa.
Burung Garuda Pancasila dalam cerita kuno tentang para Dewa adalah kendaraan Dewa Wishnu yang besar dan kuat.
Warna Burung  Garuda adalah kuning emas yang menggambarkan sifat agung dan jaya.
Garuda adalah seekor burung  gagah dengan paruh, sayap, ekor, dan cakar yang menggambarkan kekuatan dan tenaga pembangunan.
Jumlah bulu Burung Garuda Pancasila memiliki melambangkan hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.
Bulu masing-masing sayap berjumlah 17 helai.
 Bulu ekor berjumlah 8 helai.
Bulu leher berjumlah 45 helai.

Gambar Pancasila
Di bangian dada Burung Garuda terdapat perisai yang dalam kebudayaan serta peradaban bangsa Indonesia  merupakan senjata untuk berjuang, bertahan dan berlindung untuk meraih tujuan. Perisai Garuda bergamabar lima symbol yang memiliki arti masing-masing:
Bintang, sila ke-1 Pancasila, melambangkan, Ketuhanan yang Maha Esa.
Rantai Baja, sila ke-2, melambangkan Kemanusiaan yang adil dan beradap.
Pohon beringin, sila ke-3, melambangkan persatuan Indonesia.
Kepala banteng, sila ke-4, melambangkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan.
Padi dan Kapas, sila k-5, melambangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Garis hitam tebel di tengah perisai melambangkan garis katulistiwa yang melukiskan lokasi Indonesia berada di garis katulistiwa. Warna dasar perisai adalah merah putih seperti warna bendera Indonesia.

Filsafat Pancasila
Sebagai suatu paham filosofis, pemahaman terhadap Pancasila pada hakekatnya dapat dikembalikan kepada dua pengertian  pokok, yaitu pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup dan sebagai Dasar Negara.   


 nama : nourul komariah
nim : 15101043
jurusan : manajemen bisnis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar