Minggu, 11 Oktober 2015

Unsur-Unsur Pembentukan Identitas Nasional

UNSUR-UNSUR PEMBENTUKAN IDENTITAS NASIONAL


A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Pada hakikatnya manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, manusia senantiasa membutuhkan orang lain. Pada akhirnya manusia hidup secara berkelompok – kelompok.Manusia dalam bersekutu atau berkelompok akan membentuk suatu organisasi yang berusaha mengatur dan mengarahkan tercapainya tujuan hidup kelompok tersebut. Dimulai dari lingkungan terkecil sampai lingkungan besar. Pada mulanya manusia hidup dalam kelompok keluarga selanjutnya mereka membentuk kelompok lebih besar lagi seperti suku, masyarakat dan bangsa. Kemudian manusia hidup bernegara, mereka membentuk Negara sebagai persekutuan hidupnya.


B.      PEMBAHASAN

a.          Sejarah
Menurut catatan sejarah sebelum menjadi sebuah Negara bangsa Indonesia pernahmengalami masa kejayaan yang gemilang. Dua kerajaan Nusantara yakni Majapahit dan Sriwijaya, keduanya di kenal sebagai pusat – pusat kerajaan Nusantara yang pengaruhnya menembus batas – batas territorial dimana dua kerajaan itu berdiri.

b.     Kebudayaan
Aspek kebudayaan yang menjadi unsure pembentuk identitas nasional meliputi 3 unsur yaitu: akal budi, peradaban dan pengetahuan..
Akal budi bangsa Indonesia dapat dilihat dari sikap ramah dan santun kepada sesame. Sedangjan identitas peradaban tercermin dari keberadaan dasar Negara pancasila sebagai nilai – nilai bansa Indonesia yang majemuk.

c.      Suku Bangsa
Kemajemukan merupakan identitas lain bangsa Indonesia. Tradisi bangsa Indonesia untuk hidup bersama dalam kemajemukan merupakan unsure lain yang harus terus si kembangkan san di budidayakan.

d.      Agama
Keragaman keyakinan beragama di Indonesia tidak hanya di jamin oleh konstitusi Negara, tetapi juga merupakan suatu rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang harus tetap di pelihara dan di syukuri oleh bangsa Indonesia yakni dengan sikap dan tindakan untuk tidak memaksakan keyakinan dan tradisi baik mayoritas atau kelompok.

e.      Bahasa
Bahasa Indonesia merupakan identitas nasional yang sangat penting kedudukan bahasa Indonesia memiliki ribuan bahasa daerah, kedudukan bahasa Indonesia (bahasa yang di gunakan bangsa melayu) sebagai bahasa penghubung (Ingua Franea) di tambah lagi sumpah pemuda yang menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia.

         Secara umum beberapa unsur – unsur identitas nasional ialah:

a.     Pola Perilaku 
Adalah pola yang terwujud dalam kehidupan setiap hari, misalnya adat istiadat, budaya kebiasaan, ramah tamah, hormat pada orang tua, dan gotong royong merupakan salah satu identitas nasional yang bersumber pada adat istiadat dan budaya.

b.   Lambang – lambing
Adalah sesuatu yang menggambarkan tujuan dan fungsi Negara. Lambang – lambing ini biasanya dinyatakan dalam undang – undang, misalnya bendera, bahasa, dan lagu kebangsaan.

c.    Alat – alat Perlengkapan
Adalah sejumlah perangkatan atau perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang berupa bangunan, peralatan danteknologi, misalnya bangunan candi, masjid, rumah, dan lain lain.

d.   Tujuan yang dicapai
Seperti budaya unggul prestasi dalam bidang tertentu, sebagai sebuah bangsa yang mendiami sebuah negara, tujuan bersama bangsa Indonesia telah tertuang dalam pembukuan UUD’45 yakni kecerdasan dan kesejahteraan bersama bangsa Indonesia.

C.     PENUTUP

Identitas nasional pada hakikatnya merupakan manifestasi nilai – nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek – aspek kehidupan suatu bangsa dengan cirri – ciri yang khas tersebut maka suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya, identitas nasional adalah ssuatu yang selalu berubah dan terbuka untuk diberi makna agar tetap sesuai dangan tuntutan zaman.

D.    DAFTAR PUSTAKA



NAMA: SEFTIAN ADI WIJAYA
NIM: 15101009

PRODI:MANAJEMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar