Jumat, 02 Oktober 2015

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

       PAN


                                                                   i.                        PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang

Pemahaman tentang makna dan konsep pancasila dan undang-undang dasar 1945 sangat wajib bagi setiap warga negara sebelum menerapkan nilai-nilai dalam berbangsa dan  bernegara. Pancasila sebagai dasar negara merupakan dasar dalam mengatur penyelenggaraan negara di segala bidang, baik bidang ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya. Pancasila dalam kedudukannya ideologi negara diharapkan mampu menjadi filter dalam menyerap pengaruh zaman di era globalisasi. Era global menurut kesiapan segenap komponen bangsa untuk mengambil peranan sehingga dampak negatif yang kemungkinan muncul dapat segera diantisipasi. Keterbukaan ideologi pancasila terutama ditujukan dalam penerapannya dikehidupan bangsa dan negara. Ideologi mencerminkan cara berpikir masyarakat, dan juga membentk masyarakat menuju cita-cita.

                                                                 ii.                        PEMBAHASAN

B.                               Pengertian Pancasila

Pancasila adalah nama dari dasar Negara Republik Indonesia yang berisi lima dasar. Rumusan pancasila termuat dalam pembukaan UUD 1945 yang disahkan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Negara yang dikehendakinya adalah negara pesatuan yang mengatasi kepentingan golongan maupun perorangan. Karena pancasila sebagai pemersatuan bangsa merupakan sumber tertib hukum,maka indonesia yang terbentang dari sabang sampai merauke merupakan satu kesatuan hukum, dan memiliki hukum nasional yang mengabdikepada kesatuan negara indonesia. Sebagai dasar negara dan pandangan hidup, pancasila mengadung nilai-nilai luhur yang harus dihayati dan dipedomani oleh seluruh warga negara indonesia dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.

I.                   Ideologi
Ideologi berasal dari bahasa yunani yaitu eidos/idein yang artinya bentuk atau melihat, dan logia yang berarti kata atau ajaran. Jadi, ideologi adalah ilmu tentang gagasan, cita-cita dan buah pikiran. Ideologi juga diartikan sebagai gagasan, cita-cita dan nilai dasar yang membentuk sistem nialai yang internal dan mendasar sebagai pencerminan pandangan hidup satu bangsa. Ciri-ciri ideologi adalag sebagai berikut :
1.            Mempunyai derajat yang tinggi sebagai nialai hidup kebangsaan dan bernegaraan.
2.            Mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara diamalkan dilestarikan kepada generasi-generasi selanjutnya, diperankan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.


II.    Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka adalah cita-cita dasar yang igin diwujudkan masyarakat bukan berasal dari luar masyarakat atas dipaksakan dari elit penguasa tertentu. Terbuka kepada perubahan-perbahan yang datang dari luar tetapi memiliki kebebasan dan integritas untuk menentkan manakah niali-nilai dari luar yang mempengaruhi dan mengubah niali-nilai dasar yang selama ini sudah ada dan manakah yang tidak boleh berubah.
Jadi, Ideologi terbuka adalah suatu pandangan, gagasan atau konsep dengan suatu sistem permikiran terbukan yang tidak dipaksakan.
Ciri-ciri ideologi terbuka :
1.                  Merupan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.
2.                  Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.
3.                  Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat.
4.                  Bersifat dinamis dan reformis.


               iii.     Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan masyarakat tanpa merubah niali-nilai yang terkandung didalamnya. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki 3 nilai, yaitu :
1.                  Nilai Dasar, yaitu nilai yang bersifat universal dan relatif tetap.
2.                  Nilai Instrumental, yaitu nilai yang menjadi pedoman pelaksanaan dari niali     dasar.
3.                 Nilai Fraksis, yaitu penjabaran lebih lanjut dari nilai instrumental dalam kehidupan yang lebih nyata.


                    iii.                PENUTUP


C.     Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa pancasila mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan bangsa indonesia dan mempunya nilai positif bagi kehidupan kita. Banyak langkah-langkah yang perlu diambil untuk menjalankan atau menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sebagai bangsa indonesia yang menghargai ideologi negaranya.





Nama      : Siti Nurul Zahrah
NIM       : 15101012
Jurusan    : Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar