Sabtu, 03 Oktober 2015

PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT INDONESIA

I.PENDAHULUAN
Pada kesempatan kesempatan kali ini saya selaku penulis tentang pancasila sebagai filsafat negara Indonesia. Saya ucapkan terima kasih kepada narasumber, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.
II.PEMBAHASAN
            Secara Etimolog, Filsafat adalah istilah atau kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia. Kata itu terdiri dari 2 kata yaitu philo, philos, philein, yang mempunyai arti cinta, pecinta, mencintai dan sophia yang berarti kebijakan, kearifan, hikmah, hakikat kebenaran. Jadi secara keseluruhan istilah filsafat adalah cinta pada kebijaksanaan atau kebenaran yang hakiki.
A.     Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
            Pancasila pada hakikatnya adalah sistem nilai yang merupakan nilai-nilai luhur kebudayaan bangsa indonesia sepanjang sejarah, yang berakar dari unsur-unsur kebudayaan luar yang sesuai sehingga secara keseluruhannya terpadu menjadi kebudayaan indonesia. Nilai-nilai itu adalah buah hasil pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan dasar bangsa Indonesia tentang kehidupan yang dianggap baik.
            Jadi nilai-nilai pancasila itu diungkapkan dan dirumuskan dari sumber nilai utama yaitu:
a)      Nilai-nilai yang bersifat funfamental, universal, mutlak, dan abadi dari Tuhan Yang Maha Esa yang tercermin dalam inti kesaman ajaran-ajaran dalam agama kitab suci.
b)      Nilai-nilai yang berfisat kolektif nasional yang merupakan intisari dari nilai-nilai yang luhur budaya masyarakat yang tersebar di Nusantara

B.     Kesatuan Sila-Sila Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat
Filsafat Pancasila adalah refleksi kritis dan rasional tentang pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa dengan tujuan untuk mendapatkan pokok-pokok pengertian secara mendasar dan menyeluruh.


C.     Nilai-Nilai Pancasila Menjadi Dasar dan Arah Keseimbangan Anatara Hak dan Kewajiban.
Pancasila memandang bahwa kebahagiaan manusia akan tercapai jika ditumbuh kembangkan hubungan yang serasi antara manusia dengan masyarakat serta hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kesimpulan yang diperoleh dari filsafat pancasila adalah pancasila memberikan jawaban yang mendasar dan menyeluruh atas masalah-masalah asasi filsafat tentang negara Indonesia.

III.PENUTUPAN

                        Bagi bangsa Indonesia hakikat yang sesungguhnya dari pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. Dari pengertian tersebut sudah selayaknya kita pahami akan hakikatnya selain dari pengertian tersebut, pancasila juga memiliki beberapa sebutan yang berbeda. Mohon kemakluman dari semua pihak jika dalam artikel ini masih banyak terdapat kekeliruan baik bahasa maupun pemahaman.
















Nama         : Bagas Setiawan
NIM           : 15101018
Prodi          : Manajemen










Tidak ada komentar:

Posting Komentar