Minggu, 04 Oktober 2015

SEJARAH TERBENTUKNYA PANCASILA

SEJARAH TERBENTUKNYA PANCASILA

PENDAHULUAN

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan artikel ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan artikel ini.
saya menyadari bahwa dalam penulisan artikel ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin.


Sejarah Pancasila
Pada tahun 1945, saat indonesia menyatukan keanekaragaman budaya. Presiden Soekarno mencetuskan Pancasila sebagai Dasar Negara. Filsafat-filsafat presiden soekarno berdasarkansosialisme, nasionalisme, dan ketuhanan. Filosofi-filosofi tersebut adalah unsur-unsur yang membentuk pancasila yang disahkan pada tanggal 1 Juni 1945, untuk BPUPKI dan pidatonya yang dikenal sebagai “lahirnya pancasila”
1.     Kebangsaan Indonesia, mencerminkan nasionalisme
2.     Internasionalisme, mencerminkan keadilan dan kemanusiaan  
3.     Musyawarah Mufakat, mencerminkan demokrasi yang tidak melihat etnis tetapi setara
4.     Kesejahteraan Sosial, berdasarkan gagasan dari kesejahteraan negara, mencerminkan sosialisme.
5.     KeTuhanan yang Maha Esa, mencerminkan ketuhanan
Setelah BPUPKI beberapa rapat, lima sila yang digagaskan oleh presiden Soekarno diubah sedikit. Sila terkahir yang tentang ketuhanan dijadikan sila pertama. Internasionalisme dijadikan sila kedua. Lalu sila pertama menjadi sila ketiga. Lalu sila ketiga menjadi ke empat dan sila keempat jadi kelima.
Pancasila kecetuskan untuk memecahkan konflik antara muslim, nasionalis, dan kritstiani.

PENUTUP
Bagi bangsa Indonesia, Pancasila bukanlah hanya sekedar dasar negara indonesia, melainkan juga sebagai pandangan hidup bangsa dan negara. Dari pengertian tersebut kita dapat mengambil hikmahnya dan mengerti pengertian tersebut. Mohon maaf jika jika dalam penulisan ini masih terdapat keliruan dalam bahasa atau penulisan.


DAFTAR PUSTAKA
https://en.wikipedia.org/wiki/Pancasila_(politics)

NAMA   : RENDY PUTRA
NIM    : 15101032
PRODI    : MANAJEMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar