Minggu, 18 Oktober 2015

Identitas Nasional

  
Pendahuluan :

Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang Identitas Nasiona. Identitas Nasional secara terminologis adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lain. Berdasarkan pengertian yang demikian ini maka setiap bangsa didunia ini akan memiliki identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan, sifat, ciri-ciri serta karakter dari bangsa tersebut. Berdasarkan hakikat pengertian identitas nasional sebagai mana di jelaskan di atas maka Identitas Nasional suatu Bangsa tidak dapat di pisahkan dengan jati diri suatu bangsa atau lebih populer disebut dengan kepribadian suatu bangsa. Bangsa pada hakikatnya adalah sekelompok besar manusia yang mempunyai persamaan nasib dalam proses sejarahnya, sehingga mempunyai persamaan watak atau karakter yang kuat untuk bersatu dan hidup bersama serta mendiami suatu wilayah tertentu sebagai suatu kesatuan nasional.



Pengertian Identitas :
Ada 2 pengertian dalam kata “Identitas”. Yang pertama  kata “identitas” berasal dari kata inggris yaitu “identity” yang berarti ciri-ciri, tanda-tanda atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan orang lain, contohnya bendera bahkan lagu kebangsaan setiap negara  berbeda dengan negara lain. Sedangkan dalam terminologi antropologi kata “identitas” diartikan sebagai sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kasadaran diri sendiri, golongan, kelompok, komunitas atau negara lain.
Nasional :
Nasional bersifat kebangsaan atau berkenaan, berasal dari bangsa sendiri untuk meliputi suatu bangsabaik fisik seperti budaya, agama dan bahsa maupun non fisik seperti keinginan, cita-cita dan tujuan.
Secara keseluruhan Identitas nasional adalah:
Identitas Nasional merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khasnya dan dengan ciri khas tersebutlah suatu bangsa akan berbeda dengan bangsa lain,  dari ratusan suku yang “dihimpun” dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan pancasila dan “Bhineka Tunggal Ika” sebagai dasar dan arah perkembangannya  
Unsur-unsur Identitas Nasional :
 Identitas Nasional merujuk pada suatu bangsa yang majemuk, kemajemukan itu merupakan gabungan dari unsur-unsur pembentuk identitas, yaitu suku bangsa,agama,kebudayaan dan bahasa  
1.      Suku Bangsa : Golongan social yang khusus yang bersifat askriptif (ada sejak lahir),. Di Indonesia terdapat banyak sekali suu bangsa atau kelompok etnis dengan tidak kurang 300 bahasa.
2.      Agama : Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis, karena di Indonesia terdapat beberapa agama. Agama-agama yang tumbuh dan berkembang di Nusantara diantaranya adalah agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu.
3.      Kebudayaan : pengetahuan manusia sebagai makhluk social yang isinya adalah perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan yang secara kolektif digunakan oleh pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami lingkungan yang dihadapi dan digunakan sebagai rujukan atau pedoman untuk bertindak (dalam bentuk kelakuan dan benda-benda kebudayaan) sesuai dengan lingkungan yang dihadapi.
4.      Bahasa : Merupakan unsur pendukung Identitas Nasional. Bahasa dipahami sebagai sistem pelambang yang secara arbitrer dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan yang digunakan sebagai sarana berinteraksi dan komunikasi antar manusia atau antar negara satu dengan yang lainnya .

Penutup :
 Demikian pembahasaan saya kali ini mengenai Identitas Nasional, kurang dan lebihnya harap dimaklumi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Nama : Megawati Sekar Sari
Nim : 15101007
Management 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar