Sabtu, 24 Oktober 2015

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

Nama                           : Firda Savira
NIM                            : 15101226
Program Studi             : Manajemen

PENDAHULUAN
Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling mulia. Manusia memiliki akal dan pikiran dalam bertindak dan mengambil keputusan. Setiap tindakan dan perilaku manusia pastilah akan menimbulkan dampak terhadap lingkungangannya, termasuk dampak yang baik maupun buruk. Untuk mencegah terjadinya dampak yang buruk yang dilakukan oleh manusia, maka manusia sendiri lah yang membuat peraturan. Manusia adalah makluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga pasti akan berkumpul dan membangun sebuah lingkungan untuk dapat ditinggali bersama-sama. Dalam konteks ini, manusia yang dimaksud adalah masyarakat indonesia. Indonesia memiliki peraturan sendiri untuk dapat mengatur warga masyarakatnya untuk menghindari dampak buruk yang dapat dilakukan oleh masyarakatnya dan memiliki lingkungan yang baik, maka peraturan tersebut dituangkan dalam bentuk Undang-undang.
RUMUSAN MASALAH
Makna apa yang terkandung dalam pasal 30 UUD-1945 bagi setiap warga negara?
PEMBAHASAN
Hak dan kewajiban warga negara tertuang dalam Pasal 30 UUD-1945
1.      Tulis makalah yang menjelaskan makna apa yang terkandung di dalamnya pasal 30 UUD-1945 bagi setiap warga negara.
2.      Jawab pertanyaan berikut: dalam bentuk tulisan bebas dengan judul sesuai pernyataan
·         Jelaskan tujuan pendidikan nasional
·         Jelaskan pengertian bela negara
·         Jelaskan tujuan pendidikan Kewarganegaraan diberikan di Perguruan Tinggi
·         Jelaskan kompetisi yang diharapkan dari pendidikan Kewarganegaraan
·         Jelaskan pendidikan Kewiraan
Bunyi Pasal 30 UUD 1945 dan Maknanya
Ayat 1:  “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan Negara”. Bermakna bahwa setiap warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan keamanan dari negara dan mempunyai kewajiban untuk melakukan upaya untuk untuk menjaga keamanan negara Indonesia
Ayat 2: “usaha pertahanan dan keamanan Negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan kemanan rakyat semesta oleh TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung”
Bermakna bahwa keamanan dan pertahanan negara tidak hanya dilaksanakan oleh TNI saja, tetapi juga POLRI. Dan sebagai warga negara masyarakat Indonesia kita harus ikut membantu dan mendukung dengan cara tidak menghambat tugas mereka dengan menjadi warga negara yang baik dan ikut membantu dalam hal informasi contohnya.
Ayat 3: “Tentara Nasional Indonesia terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udarasebagai alat negara bertugas mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dankedaulatan negara.”
Bermakna bahwa di negara indonesia memiliki Tentara Republik Indonesia sebagai pertahanan yang terdiri atas tiga wilayah. Untuk wilayah keamanan di darat maka termasu tanggung jawab Angkatan Darat, untuk wilayah perairan atau laut merupakan tanggung jawab dari Angkatan Laut, sedangkan untuk wilayah langit atau udara merupakan tanggung jawab Angkatan Laut. Karena itu TNI dipandang lebih kepada pertahanan dan keamanan dari pihak luar negeri.
Ayat 4 : “Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga kemanan danketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, sertamenegakkan hukum.”
Beermakna bahwa POLRI atau Kepolisian Republik Indonesia bertugas untuk menjaga keamanan negara dengan cara sigap menaangani kejahatan yang terjadi dan menjaga ketertiban masyarakat seperti dalam penertiban berlalu lintas. Tugas utama polisi adalah melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum bermakna bahwa POLRI tidak hanya bertugas menjaga keamanan negara tetapi juga melindungi masyarakat seperti pada saat terjadi demonstrasi, maka polisi bertugas untuk menjaga agar demonstrasi tersebut tidak sampai menyebabkan kekacaua dan mebahayakan warga lainnya. Dalam hal mengayomi, Polisi bertugas untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat agar tidak melanggar peraturan hukum dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Dalam hal melayani seperti pada saat terjadi musim liburan maka kemungkinan kemacetan akan terjadi sehingga Polisi akan melayani masyarakat dalam membantu mengatur Lalu Lintas agar terhindar dari kemacetan. Contoh melayani masyarakat yang lain adalah ketika seorang warga melaporkan kepada polisi suatu kejahatan yang terjadi di sekitarnya maupun yang terjadi pada dirinya (sebagai korban). Karena itu Polisi dipandang lebih ke arah Pertahanan dan Ketahanan negara dari dalam negri.
Ayat 5 : “Susunan dan kedudukan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara RepublikIndonesia , hubungan kewenangan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara RepublikIndonesia di dalam menjalankan tugasnya, syarat-syarat keikutsertaan warga negara dalamusaha pertahanan dan keamanan diatur dengan undang-undang.”
Bermakna bahwa meski TNI dan Polri berbeda dalam struktur organisasi, namun dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing keduanya bekerja sama dan saling mendukung dalam suatu “sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta” , tugas TNI dan POLRI sama sama menjaga keamanan negara dan melindungi rakyat , syarat syarat keikutsertaan rakyat dalam usaha pertahanan dan keamanan sudah diatur di undang undang 1945.
Tujuan Pendidikan Nasional
1.      Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
2.      Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
3.      Satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
KESIMPULAN
Perjuangan yang gigih dan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang telah mengantarkan kita menjadi bangsa yang merdeka. Kemerdekaan yang kita miliki sekarang harus dijaga dan pertahankan karena meskipun Indonesia sudah merdeka, bukan berarti terlepas dari segala bentuk ancaman, gangguan. Hambatan, dan tantangan . Upaya yang bisa kita lakukan contohnya adalah belajar dengan tekun dan penuh semangat yntuk memperdalam iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketekunan belajar tersebut akan berhasil mewujudkan generasi yang cerdas, beriman, bermoral, berwawasan luas, dan terampil untuk membangun bangsa dan Negara di masa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar