Kamis, 01 Oktober 2015

PANCASILA DALAM PENDEKATAN FILSAFAT


PENDAHULUAN
Untuk mengetahui secara mendalam tentang Pancasila, perlu pendekatan filosofi. Pancasila dalam pendekatan filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mendalam mengenai Pancasila. Filsafat Pancasila dapat di definisikan secara ringkas sebagai refleksi dan rasional tentang Pancasila dalam bangunan bangsa dan Negara Indonesia. Untuk mendapatkan pengertian yang mendalam , kita harus mengetahui sila-sila yang membentuk Pancasila itu. Dari masing-masing sila kita akan mengetahui intinya, hakikat dari pokok-pokok yang terkandung di dalamnya.
PEMBAHASAN
1.      Nilai-nilai Yang Terkandung Pada Pancasila
Berdasarkan pemikiran filsafati, Pancasila sebagai filsafat pada hakikatnya merupakan suatu nilai. Rumusan Pancasila sebagaimana pendapat dalam pembentukan UUD 1945 Alinea IV adalah sebagai berikut :
-          Ketuhanan Yang Maha Esa
-          Kemanusiaan yang adil dan beradab
-          Persatuan Indonesia
-          Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan
-          Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Kelima sila dari pancasila pada hakikatnya adalah suatu nilai. Nilai-nilai yang merupakan perasan dari sila-sila pancasila tersebut adalah
-          Nilai ketuhanan
-          Nilai kemanusiaan
-          Nilai persatuan
-          Nilai kerakyatan
-          Nilai keadilan
Menurut Prof.Notonegoro, nilai ada tiga macam, yaitu sebagai berikut
a.       Nilai materiil, sesuatu yang berguna bagi jasmani manusia
b.      Nilai vital, sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat melaksanakan kegiatan.
c.       Nilai kerohanian, di bedakan menjadi 4 macam yaitu nilai kebenaran pada akal pikir manusia, nilai estetika, nilai religius.
Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut adalah nilai ketuhanan yang maha esa, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai persatuan, nilai kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Nilai-nilai Pancasila tersebut termasuk nilai etik atau nilai moral. Nilai ini mendasari nilai  berikutnya yaitu, nilai instrumental. Nilai dasar bersifat tetap dan fundamental Nilai Ketuhanan .
Dari kelima sila-sila tersebut mengandung makna yaitu :
Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya tuhan sebagai pencipta alam semesta.
Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai norma /moral dalam hidup bersama atas dasar tuntunan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
Nilai persatuan Indonesia mengandung makna usaha kea rah bersatu dalam beulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara kesatuan republik Indonesia.
Nilai kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat,oleh rakyat,dan untuk rakyatdengan cara bermusyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.
Nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan yaitu tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur secara lahiriah maupun batiniah.
Diterimanya Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi nasional dari Negara Indonesia karena memiliki konsekuensi logis untuk menerima dan menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai acuan pokok bagi pengaturan penyelenggaraan bernegara.
PENUTUP
KESIMPULAN : Bahwa Pancasila sebagai filsafat negara Republik Indonesia mengandung banyak makna bahwa setiap aspek kehidupan kebangsaan, dan kemasyarakatan harus berdasarkan pada nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
DAFTAR PUSTAKA
Winarno,S.Pd, 2008, Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan, Edisi Kedua, PT Bumi Aksara                                                                                                                                

                                                                                                                                                                                               

NAMA  :  UBAIDILLAH                                                        
PRODI :MANAJEMEN                                                                                                                         NIM    :  15101052                                       
                                                                                                                                                  












Tidak ada komentar:

Posting Komentar