Kamis, 01 Oktober 2015

PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA


I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Pancasila selain merupakan dasar negara Republik Indonesia, merupakan suatu idiologi, pandangan hidup, jiwa dan kepribadian bangsa yang mencerminkan identitas nasional bangsa Indonesia. Identitas nasional sendiri merupakan suatu ciri sebuah bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain, dengan kata lain setiap bangsa memiliki ciri khas dan keunikannya yang menentukan identitas bangsa tersebut, identitas suatu bangsa tidak dapat dipisahkan dengan jati diri dan kepribadian masyarakat suatu bansa.

B.     Rumusan Masalah
Yang menjadi rumusan penulisan artikel ini adalah:
a.       Apa pengertian dari identitas nasional?
b.      Bagaimana proses dibentuknya identitas bangsa Indonesia?
c.       Apakah kedudukan pancasila sebagai identitas nasional?

II. PEMBAHASAN
A.    Pengertian Identitas Nasional
            Identitas Nasional secara etimologi terdiri dari dua kata. Identitas berasal dari kata Identity yang berarti ciri-ciri, atau tanda-tanda atau jati diri yang melekat  pada seseorang yang membedakannya dari orang lain. Dan kata nasional berarti  bersifat kebangsaan merujuk kepada persekutuan kelompok hidup manusia yang diikat oleh kesamaan-kesamaan ras, agama, budaya, bahasa dan sebagainya. Identitas nasional adalah ciri atau jati diri suatu bangsa yang melekat berfungsi membedakan suatu bangsa dengan bangsa lainnya(kompasiana)
            Menurut Kaelan (2007), identitas nasional pada hakikatnya adalah manisfestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan satu bangsa (nation) dengan ciri-ciri khas, dan dengan ciri-ciri yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.
            Jadi pengertian Identitas national ialah suatu ciri khas dari bangsa itu sendiri yang menjadikan bangsa itu berbeda dengan bangsa lainnya.

 Beberapa contoh identitas bangsa Indonesia adalah:

1.Pancasila sebagai dasar hukum dan pandangan hidup bangsa Indonesia
2.Bendera merah putih sebagai bendera bangsa Indonesia
3.Lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaaan Indonesia
4.Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia
5.UUD 1945 sebagai konstitusi Negara Indonesia
B.     Proses Dibentuknya Identitas Bangsa Indonesia
.       Ada beberapa unsur-unsur yang berperan dalam membentuk identitas nasional               Indonesia, yaitu:
1.      Sejarah
Dibalik Indonesia sebagai negara yang mapan sepeti sekarang, terselip kejayaan masa lalu ketika zaman kerajaan-kerajaan nusantara yang mempunyai sejarah yang gemilang yang kini menjadi cambuk bagi masyarakat kekinian. Proses terbentuknya identitas bangsa Indonesia telah dimulai jauh sebelum Indonesia merdeka yang berupa nilai-nilai istiadat, kebudayaaan serta religius. Nilai-nilai ini kemudia di rumuskan secara formal menjadi pancasila.
2.      Kebudayaan
Aspek ini diambil dilatarbelakangi oleh Indonesia yang mempunyai nilai-nilai luhur ilmu. Pengetahuan yang berkembang pesat dari zaman ke zaman adalah salah satu bukti bahwa kebudayaaan mempunyai peranaan penting dalam identitas sebuah bangsa khususnya Indonesia. Menurut Mr. M Yamin bahwa berdirinya  Negara kebangsaan Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan kerajaan-kerajaan lama yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia. maka dari itu kebudayaan nenek moyang bangsa ini turut berperan dalam membentuk identitas nasional Indonesia, karena didalamnya terdapat nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
3.      Suku Bangsa
Indonesia yang kaya akan suku bangsa ini adalah tonggak persatuan dalam  perbedaan yang berasal dari kemajemukan yang diperjuangkan oleh para pendiri  bangsa kita sampai generasi kita dan masa depan. Dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, para pemimpin negeri ini berusaha mempertahankan kemajemukan  bangsa Indonesia yang merupakan salah satu ciri khas bangsa ini.
4.      Agama
Keragaman agama di Indonesia adalah berkah yang memberikan persatuan dalam segala makna dalam payung pluralisme serta ditopang dengan UUD dan Pancasila yang menjamin semua warga negara untuk beragama. Toleransi antar umat  beragama di Indonesia turut berperan dalam penciptaan identitas bangsa
5.      Bahasa
Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu sebuah bangsa besar ini adalah identitas yang nyata untuk mempersatukan Indonesia secara besar dalam keanekaragaman suku bangsa serta budaya.

C.     Kedudukan dan Fungsi Pancasila sebagai Identitas Nasional

            Isi sila-sila pancasila pada hakikatnya dapat dibedakan atas hakikat  pancasila yang umum dan universal sebagai pedoman pelaksanaan dan  penyelenggaraan negara yaitu sebagai dasar negara dan juga hakikat pancasila yang bersifat khusus dan kongkrit sebagai nilai-nilai serta realisasi pengamalan  pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dari sila pertama sampai kelima merupakan cita-cita,harapan dan dambaan bangsa Indonesia untuk diwujudkan dalam kehidupan,agar terwujud Negara yang gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja.
            Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa selain sebagai dasar negara republik Indonesia, pancasila mempunyai kedudukan sebagai ideologi bangsa yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia, karena pada dasarnya pancasila merupakan penjelmaan dari nilai-nilai bangsa ini yang diangkat dan selanjutnya dijadikan dasar negara. Maka kedudukan pancasila dapat dikembalikan kepada dua kedudukan dan fungsi pokok yaitu sebagai dasar Negara dan sebagai ideologi dan pandangan hidup yang mencerminkan identitas bangsa. Pancasila dalam kedudukannya sebagai dasar Negara Republik Indonesia merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan negara.

III. PENUTUP
A.    Kesimpulan

Identitas nasional adalah ciri atau jati diri suatu bangsa yang membedakan bangsa itu sendiri dengan bangsa yang lainnya. Proses dibentuknya Identitas Nasional pada bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari sejarah, kebudayaan, suku bangsa, agama dan bahasa. Kedudukan pancasila yaitu sebagai dasar dan idiologi negara Republik Indonesia yang dapat menjadi landasan hukum atau norma untuk mengatur pemerintahan Indonesia. Pancasila dapat dikatan Identitas Nasional Bangsa Indonesia karna pancasila merupakan suatu ciri khas bangsa Indonesia yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur bangsa indonesia yang sudah ada sejak zaman dahula kala.

IV. DAFTAR PUSAKA

http://politik.kompasiana.com/2014/02/11/apa-itu-identitas-nasional--632509.html
Drs.Sumarsono,2005,Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit Gramedi Pustaka Utama, Jakarta.
DR.Kaelan,M.S,2004, Pendidikan Pancasila, Penerbit Paradigma, Yogyakarta. Ismaun, 1981,Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia, Carya Remadja, Bandung

Nama          : Nanda Aulia Putri
Nim             : 15101030
Prodi           : Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar