Kamis, 01 Oktober 2015

Pancasila Sebagai Sumber Nilai


KATA  PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan artikel pendidikan kewarganegaraan sebagai panduan kuliah untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

            Tujuan umum dari artikel pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah bagaimana menjadikan warga Negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan Negara. Upaya mewarganegaraan individu atau orang-orang yang hidup dalam suatu negara merupakan tugas pokok negara. Konsep warga negara yang baik tentunya amat tergantung dari pandangan hidup dan sistem politik Negara yang bersangkutan.


PENDAHULUAN
            1.1 Latar Belakang
           
            Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa Negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus didasari dengan nilai-nilai pancasila. Nilai-nilai pancasila harus di perankan setiap hari Karena mempunyai peranan yang penting bagi masyarakat. Pancasila merupakan sumber nilai dalam berbangsa dan bernegara nilai-nilai itu tidak cukup hanya diakui ketinggiannya, tetapi harus menjadi kenyataan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

            Dalam kaitan inilah penulis mengembangkan nilai pancasila untuk mewujudkan bangsa yang cerdas dan membudayakan nilai-nilai pancasila. Nilai-nilai pancasila merupakan bagian vital dan besar pengaruhnya terhadap perilaku masyarakat. Maka rakyat Indonesia harus mengembangkan nilai pancasila sebagai kehidupan sehari-hari.






















PANCASILA

Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Pancasila bagi bangsa indonesia adalah sebagai filsafat bangsa dasar Negara kesatuan repuplik indonesia dan ideologi Negara. Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila dalam membangun bangsa dan negara Indonesia (Syarbaini;2003). Pancasila merupakan sumber nilai dalam berbangsa dan bernegara nilai-nilai itu tidak cukup hanya diakui ketinggiannya, tetapi harus menjadi kenyataan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak hanya menjadi tertib Negara tetapi pancasila berperan sebagai sumber dasar hukum.

Dari kehidupan bangsa indonesia nilai-nilai tersebut tidak lain adalah:
1. Nilai dan jiwa ketuhanan/ keagamaan
2. Nilai dan jiwa kemanusiaan yang adil dan beradap
3. Nilai dan jiwa persatuan
4. Nilai dan jiwa kerakyatan demokrasi
5. Nilai dan jiwa keadilan sosial

Nilai dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
1.      Nilai materi yang berupa benda untuk memenuhi kebutuhan materi
2.      Nilai fital segalah sesuatu yang berguna bagi hidup bangsa untuk mengadakan kegiatan atau aktivitas.
3.      Nilai kerohanian segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia,nilai kerohanian terbagi atas 4 macam : - nilai kenyataan (kebenaran )
  - nilai keindahan (estetika)
  - kebaikan  (moral)
  - nilai religious (ketuhanan)























KESIMPULAN

            Pancasila merupakan sumber nilai dalam berbangsa dan bernegara nilai-nilai itu tidak cukup hanya diakui ketinggiannya. Pancasila tidak hanya menjadi tertib Negara tetapi pancasila berperan sebagai sumber dasar hukum.  Jadi, masyarakat indonesia harus mengembangkan nilai-nilai pancasila di kehidupupan sehari-hari .


PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi Pancasila sebagai Sumber Nilai, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatas pengetahuan yang berhubungan dengan materi ini .
            Penulis banyak berharap para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurna nya makalah ini . Semoga makalah ini
bermanfaat bagi penulis pada khususnya juga para pembaca pada umumnya .


Nama  : Meydina Chintya N
NIM    : 15101041

Prodi   : Manajemen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar