Kamis, 07 Januari 2016

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN GEOSTRATEGI YANG DIMILIKI NEGARA INDONESIA



1.     Pendahuluan
                               i.            Latar Belakang
Kita sebagai bangsa Indonesia yang baik, wajib mengetahui yang namanya Geostrategi yang ada di negara Indonesia, dan mengetahui aspek – aspek apa saja yang ada di dalamnya, oleh sebab itu dalam bab ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan Geostrategi dan keuntungan dari Geostrategi itu sendiri.
                             ii.            Pembahasan
·         Pengertian Geostrategi dapat di artikan juga sebagai metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan melalui proses pembangunan dan keputusan yang terukur dan terimajinasi guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, aman,  dan bermatabat.
·         Geostrategi yang ada di Indonesia diartikan sebagai mewujudkan cita-cita proklamasi, tercantum dalam UUD 1945, melalui pembangunan nasional. Berdasarkan pengertian itu, geostategi Indonesia sangat terkait erat dengan hakikat terbentuk dari berbagai macam etnis, suku, ras, golongan agama dan terpisah akan pulau-pulau dan lautan.
·         Keuntungan dari Geostrategi di Indonesia di bidang ekonomi Indonesia merupakan persimpangan lalu lintas dunia dan titik persilangan kegiatan ekonomi dunia,oleh karena itu Indonesia memiliki potensi dalam mengembangkan usahanya keluar negeri dan pasar di Indonesia dapat bersaing di dunia luar.
·         Keuntungan di bidang Sosial Dari aspek sosial letak geografis Indonesia menyebabkan bangsa Indonesia mudah berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain sehingga proses interaksi antarbangsa lebih mudah terjalin. Masyarakat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat benua Asia dan masyarakat benua Australia. Indonesia yang terletak di posisi silang (cross position) menyebabkan Indonesia banyak memiliki mitra kerjasama dengan negara-negara berkembang.
·         Keuntungan di bidang Sosial Budaya bangsa Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam dari berbagai suku bangsa. Suku- suku bangsa di Indonesia terpisah di berbagai pulau. Hal ini menyebabkan keberagaman budaya tercipta dan bahkan terkadang terjadi asimilasi serta akulturasi budaya lokal dengan budaya asing. Potensi letak geografis Indonesia yang strategis sangat menunjang dalam kemajuan kegiatan perekonomian negara Indonesia karena Indonesia terletak di jalur perdagangan internasional. Letak geografis Indonesia menyababkan keberagaman dalam berbagai hal seperti keragaman flora dan fauna, keberagaman jenis tanah, keberagaman vegetasi,  dan sebagainya. Keberagaman vegetasi ini dipengaruhi oleh keadaan iklim Indonesia yaitu beriklim topis. Indonesia juga memiliki potensi kekayaan alam yang banyak seperti kekayaan hasil hutan, hasil tambang, hasil perkebunan yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
·         Keuntungan Sifat dan Karakteristik Geografis negara Indonesia ditinjau dari aspek iklim, merupakan negara humid tropik yang berpengaruh pada kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia, sehingga sebagian besar sumberdaya lahan merupakan lahan yang subur untuk pertanian. Kondisi laut yang membentang memiliki potensi ikan dan keindahan alam serta berfungsi sebagai penghubung antar pulau. Sumberdaya manusia yang beragam, suku, agama, tradisi dan budaya serta bahasanya merupakan aset sosio-kultural geografis yang penting dikembangkan sebagai aset kearifan lokal dalam pembangunan wilayah dan pengelolaan sumberdaya serta lingkungan. Posisi geografis Indonesia di antara benua Australia dan Asia merupakan aspek spasial global yang dapat dijadikan sebagai daya tarik kerjasama antar negara bersama dengan negara-negara ASEAN. Aspek geo-ekonomi dan politik Indonesia berpengaruh besar pada perkembangan kerjasama di berbagai bidang.
·         Potensi pemanfaatan Sumber daya meliputi 1. Pertanian 2. Perkebunan 3. Kehutanan 4. Perikanan 5. Peternakan 6. Pariwisata 7. Pertambangan8. Industri dan jasa 9. Perdagangan.
·         Kerugian dari letak Geografi negara Indonesia
1.      Kerusakan lingkungan fisik, seperti : pencemaran air, udara, lahan kritis dan abrasi
2.      Kerusakan lingkungan biotis, seperti : penurunan sumber daya hayati (flora/fauna), ilegal logging, kerusakan ekosistem pantai, sungai dan danau..
3.       Kerusakan sumber daya alam oleh exploitasi berlebihan, illegal fishing dan illegal mining
.
4.      Bencana alam, longsor, gempa bumi, tsunami, erosi, kekeringan, banjir, badai dan bencana teknologi
5.       Kurangnya pengembangan potensi seni dan budaya lokal dari setiap etnik dan memudarnya ciri kehidupan mulai dari Bahasa, Adat istiadat/Tradisi, bangunan rumah dan tata cara pergaulan.
6.       Pengangguran yang mencapai 10,55 juta (9,75%) dan kemiskinan sebanyak 37,17 (16,58%) dari total penduduk Indonesia (BPS 2008).
2.      Kesimpulan
Dengan mengetahui letak Geografis Negara Indonesia,kita sebagai warga Negara Indonesia harus mengetahui pentingnya Geostrategi yang ada di Negara Indonesia,dengan membaca dan memahami isi artikel ini maka kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan yang ada di Negara Indonesia,kita sebaiknya memanfaatkan keuntungan yang dimiliki Negara kita baik di segala aspek kehidupan,dan harus mengurangi kerugian yang terjadi akibat letak Negara Indonesia.


3.     Daftar Pusaka

Nama : Diki Amri Yansah
Prodi : Management
NIM : 15101020






Tidak ada komentar:

Posting Komentar